Tips Hemat BBM Buat Matic Riders

Tips Hemat BBM Motor Matic

Gini nih enaknya punya matic, tinggal geber motor dah melaju tanpa perlu oper gigi. swuiing…. kaki tidak perlu pegal apalagi kalau lagi macet. Tapi jangan sangka kalau motor matic juga tidak akan boros. Bagaimanapun motornya kalau tidak diperlakukan dengan selayaknya pasti akan boros juga. Nah supaya tetap bisa menghemat kocekan silahkan ikuti beberapa tips yang di kutip dari kompas otomotif berikut ini :

1. Tidak perlu lama ritual panaskan mesinnya.

Motor sekarang sudah teknologi canggih jadi tidak perlu lagi yang namanya memanaskan motor terlalu lama. Menurut Senior Manager Tech Training Dept PT Astra Honda Motor, Handy Hariko. “Memanaskan motor cukup tiga menit saja, sebab motor sekarang mesinnya sudah rebah dan rata-rata menggunakan oli 10/30 sedangkan tujuan memanaskan motor itu sendiri diterapkan oleh motor lama yang posisi mesinnya tegak sehingga dikhawatirkan olinya akan mengental”.

2. Servis Rutin Dapur Pacu

Yang namanya mesin juga harus diperhatikan, jangan asal pake saja tanpa ingat ganti oli. Itulah sebabnya mengapa di buku manual penggunaan motor dianjurkan untuk perawatan mesin tiap beberapa ribu kilometer. Ya,  Rata-rata diatas 2000 Km. Bukan cuma mesin saja yang di servis tetapi karburator dan berbagai atribut yang mendukung laju kendaraan juga harus sering dibersihkan, seperti saringan oli, saringan bensin dan juga saringan udara. Kalau sudah bersih kan enteng tarikannya!

3.  Stop gas tiba-tiba

Emang mau kemana sih, buru-buru amat. Stay cool, santai aja bawa motornya. Kalau digas sesuai tarikan dan irama mesin, larinya juga kencang kok. Jadi tidak usah geber-geber gas kayak diburu setan saja.

V Belt Matic

4. Periksa Tekanan ban dan V belt nya.

Nah yang ini biasanya kurang diperhatikan tapi ngaruh banget. Tekanan angin sama kekencangan V belt harus sesuai biar laju motor tidak berat. Wal hasil motor di makin digas tapi laju kurang memuaskan. Boros juga kan jadinya. Jadi sebelum berangkat. Wajib periksa tekanan ban biar perjalanan kamu lancar. Jangan lupa baca doa biar selamat sampai tujuan.