Mobil Power Listrik, Electric Vehicle Odyssey (EVO) Jogja Dab!

Electric Vehicle Odyssey

Indonesia khususnya Jogjakarta patut berbangga dengan kreasi anak negeri dibidang otomotif. Tingginya harga BBM (bahan bakar minyak) dan semakin sedikitnya cadangan bahan bakar fosil tersebut, memicu kreasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik  untuk merancang mobil bertenaga listrik.

Mobil listrik ini akan di ikutkan dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) IV 2012 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung. Seperti yang dilansir dari kompas online, Menurut penuturan Bambang Sulistyo pembimbing Tim Mobil Power Listrik (MPL) UNY. Kompetisi yang mengusung tema “Mobil Listrik Kendaraan Efisien dan Bebas Polusi” .

Kompetisi ini akan digelar di sirkuit balap Politeknik Negeri Bandung, selama dua hari yaitu tanggal 2-4 November 2012.  Dalam kompetisi ini akan diadakan lima kategori yang diperlombakan. Antara Lain ; Uji kecepatan atau akselerasi, uji tanjakan, uji pengereman, uji efisiensi dan yang paling menarik adalah adu balap antar kompetitor.

Untuk EVO sendiri memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Dibuat tahun 2012
  • Mampu mencapai kecepatan maksimum 60 Km / jam dengan jarak tempuh 45 Km
  • Dimensi lebar 125 centimeter dengan panjang 180 centimeter dan tinggi 100 centimeter
  • Evo memiliki bobot 150 kilogram

Kelistrikan

  • EVO menggunakan 4 buah baterai 12 Volt dengan kekuatan 40 Ah

Sistem Penggerak

  • Evo dilengkapi dengan dua dinamo DC tanpa sikat daya 4.500 watt secara kontinyu dan mampu mencapai 5.200 watt.

Diharapkan jika nantinya EVO dapat diproduksi massal dengan standarisasi Nasional