Cara Tepat Bersihkan Soket Kelistrikan Agar Tidak Merepotkan Anda Di Perjalanan

Letaknya yang begitu terselip membuat soket kelistrikan kerap dianak-tirikan perawatannya, padahal fungsinya sangat berperan penting lho. Bila kotoran seperti debu yang mengeras ataupun semacamnya sudah menumpuk pada soket, dikhawatirkan fitur-fitur mobil akan terganggu dan akhirnya akan merepotkan anda sendiri.
Cara Tepat Bersihkan Soket Kelistrikan Agar Tidak Merepotkan Anda Di Perjalanan
Agar komponen ini berfungsi dengan baik, pastinya perlu dibersihkan dengan cara yang sebenarnya adalah menggunakan cairan pembersih khusus kelistrikan karena cairan ini tidak menghantarkan arus listrik dan cepat kering sehingga aman terhadap perangkat kelistrikan.

“Jangan menggunakan cairan pembersih biasa, karena dapat mnyebabkan korslet kelistrikan,” papar Yoyo dari Rolex Motor di pusat onderdil Dutamas Fatmawati, Jaksel.

Selain soket kelistrikan, beberapa titik penting seperti terminal aki juga sangat penting. Bagian ini terkadang berkerak putih karena hasil kondensasi uap aki, kalau dibiarkan menumpuk bisa-bisa arus aki tersendat seolah kehabisan setrum. Segera saja semprot lalu usap dengan kain bersih agar kerak segera terhapus.

Bagian lainnya seperti soket wiper dan kabel koil juga sangat perlu mendapat pembersihan, ketika soketnya kotor bisa menyebabkan arus listrik terganggu sehingga memnbuat operasionalnya tersendat. Bila didapati sudah dalam kondisi tersebut, bersihkan segera dengan menyemprotnya menggunakan cairan khusus tersebut.

Jika kotoran yang sudah mengeras dan menumpuk menjadi kerak hingga berkarat, perlu effort lebih untuk membersihkannya. “Diwajibkan menggunakan ampelas untuk menghilangkan karatnya,” tutup Yoyo.