Modifikasi Honda CB175 Twin Tidak Menghilangkan Sosok Aslinya

Modifikasi motor tidak selalu menghilangkan sosok asli, namun ada juga yang mengembalikan sepeda motor lawas ke bentuk aslinya dulu, alias restorasi. Seperti halnya dengan pria yang disapa Dimas ini pemilik toko aksesoris dan modifikasi Kelontong Motor Jadoel (KMJ) terhadap tunggangan roda dua miliknya.
Modifikasi Honda CB175 Twin Tidak Menghilangkan Sosok Aslinya
Sepeda motor Honda CB175 Twin keluaran tahun 1969 mulai dipermak Dimas sedikit demi sedikit agar sosok asli sang bintang tahun 70-an itu tidak hilang. Balutan cat biru mudah disatukan dengan warna putih menjadi pilihan Dimas, namun tetap tidak melenceng dari konsep kembali pada wujud awal. “Perpaduan biru putih memang warna asli dari sepeda motor ini,” papar Dimas.

“Untuk mendapatkan suku cadang asli untuk motor tahun dua ini perlu kesabaran, seperti tutup gear depan yang sangat langka copotannya, alhasil jadinya meminjam milik teman dan mencetaknya sendiri. Plat galvanis 1 mm jadi pilihan bahan, dan simsalabim, cukup mengobati, meski tetap tidak puas” tambahnya.
Modifikasi Honda CB175 Twin Tidak Menghilangkan Sosok Aslinya
Selain itu, lampu sein sarung jok, knalpot milik CB 125 yang masih terlihat serupa dan pemasangan side box sehingga berkesan seperti motor “Chips” pada film Warkop. Untuk kaki-kaki menggunakan part standar Honda yang berdiameter 17 inci dibalut ban 2,15 dan 2,50. Pembaharuan juga disematkan Dimas pada penyangga jok dengan sistem hidrolik.

Soal dapur pacu, tidak ada perubahan yang dilakukan, tetap menggunakan platina sebagai sistem pengapiannya. “Platina jika bagus dan baik setelannya maka akan lebih asik tarikannnya dibanding yang CDI,” tutup Dimas.