Generasi Keenam (VI) Kijang Yakni Kijang Essential Akan Hadir 2015

Generasi Keenam (VI) Kijang Yakni Kijang Essential Akan Hadir 2015Sebuah pemberitahuan media di India mengutarakan bahwa setidaknya Toyota Innova yang di Indonesia masih mengemban nama Kijang akan bisa dilihat pada 2016 atau dua tahun dari sekarang. Sementara itu, Kijang Innova merupakan salah satu produk ekspor yang proses produksinya dilakukan di Indonesia. Maka dari itu, generasi keenam Kijang Innova dapat dilihat sebelum itu.

“Innova terlahir di Indonesia. Pastinya akan hadir secepatnya,” papar Presiden Direktur Toyota Astra Motor Johnny Darmawan selepas peluncuran New Kijang Innova 2013. Toyota Indonesia telah menghadirkan New Toyota Kijang Innova 2013 sebagai penyegaran baru, bukan model baru utuh, dengan perubahan utama pada grille atau kisi-kisi pelindung radiator mesin, tambahnya.

Pada dasarnya, Toyota berutang janji yang ditunggu-tunggu kalau akan mengeluarkan Toyota Kijang generasi selanjutnya, yakni Generasi Keenam (VI). Jadi setidaknya, tahun 2015 atau awal 2016 jika India berani sesumbar soal kemunculannya di tahun itu.

Sejak pertama munculnya Toyota Kijang, sejak itu pula menjadi kendaraan keluarga yang terus berkembang. Toyota Indonesia sendiri berharap dan sudah menggariskan rencana bahwa masih akan ada generasi lanjutan dari Kijang. Di beberapa negara tidak hadir dengan nama ‘Kijang’.

Perundingan terakhir yaitu jadwal peluncuran Kijang gen VI adalah tahun 2014. Namun itu mungkin tidak terjadi karena akan mempengaruhi penjualan model facelift-nya yang baru saja diluncurkan, New Kijang Innova 2013.

Untuk mesinnya sendiri, ada kemungkinan Kijang generasi VI akan menggendong mesin yang sama, yakni mesin bensin berkode 1TR-FE 2.0 L 16-valve VVT-i 136 PS 182 Nm. Atau untuk diesel berkode 2KD-FTV 2.5 L D4-D common-rail dengan variable nozzle turbo (VNT) 16-valve 144 PS 260 Nm. Namun, Toyota tentu akan mengembangkannya lebih jauh.

Dan kabar untuk desain luar dalam sudah pasti akan banyak perubahan yang semakin modern yang nantinya akan diberi label Kijang Essential.