PT Astra Daihatsu Motor Persiapkan Avanza Generasi Ke-3

PT Astra Daihatsu Motor Persiapkan Avanza Generasi Ke-3Toyota berperan sebagai penguasa pasar MPV bawah di Indonesia dengan Avanza, kini harus bergerak lebih cepat. Pasalnya, berbagai produsen yang selama ini hanya menyaksikan Toyota menikmati lezat kue MPV bawah dengan porsi besar, kini ramai-ramai ikut menggerogoti atau malah bertempur habis-habisan agar bisa menguasainya.

Ini sudah terbukti, kalau generasi ke-III Avanza sudah dipersiapkan. Indikasi tersebut terkuak dari rencana PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membagun pabrik mesin baru mulai tahun ini.

I Made Dana Tangkas selaku Direktur Perencanaan Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membeberkan, mesin baru ini berkode R-NR, berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc belum pernah digunakan oleh model apapun. “Kami akan berbagi produksi dengan Daihatsu untuk perakitan mesin ini,” jelas Made menjawab KompasOtomotif, kemarin (27/1/2014).

Informasi tersebut merupakan indikasi persediaan mesin terbaru untuk Avanza yang juga baru. Sampai saat ini, Avanza masih diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Karena itu produksi mesin dibagi dua antara Toyota dan Daihatsu. Mesin 1,3 dan 1,5 liter yang akan diproduksi digunakan oleh Avanza.

“Dari mesin sudah tau tujuannya ke mana,” papar Made, tanpa mengatakan dengan jelas kalau Avanza generasi ke-III sedang disiapkan.

Pabrik mesin baru Toyota akan selesai paling cepat pada akhir 2015 atau awal 2016. Jadi jangan kaget kalau generasi ke-III Avanza dikenalkan pada waktu yang sama. Untuk tahun ini, konsumen Indonesia harus puas dengan Avanza yang disegarkan lagi penampilannya.