MINI Cooper Terbaru Menguji Aspal di Sirkuit Sentul

MINI Cooper Terbaru Menguji Aspal di Sirkuit SentulVirus desain ala Porsche 911 sepertinya mengalir ke MINI. Lihatlah generasi ketiga ini yang akan diluncurkan Mei 2014. Kalau Anda bukan pecinta MINI, besar kemungkinan tidak bisa melihat perbedaan dengan model sebelumnya. Padahal ubahan di generasi ini sangat hebat.

Pertama adalah dimensi. Kini menjadi lebih panjang 98 mm, lebar 44 mm, dan 7 mm lebih tinggi. Lihat secara dari garis depan, maka akan tampak lebih pipih dan gagah. Penambahan dimensi ini melegakan ruang di dalam sekaligus membesarkan bagasi 51 liter. Seluruh lampu kini menggunakan LED. Dari mulai lampu utama, foglamp, DRL hingga lampu belakang. Alhasil tampilannya menjadi jauh lebih modern serta berkelas.

Pada bagian dalam, Anda akan disambut oleh interior khas MINI dengan panel besar di tengah. Namun tidak hanya itu, Spidometer yang biasanya ada di panel besar itu kini pindah ke setir bersama tachometer dan penunjuk level bahan bakar.

Layar tengah sendiri kini menjadi entertainment multi-informasi yang dikendalikan via MINI Controller di tengah. Desain tuasnya lebih besar dan mudah dipakai, mirip iDrive di BMW. Sementara di bagian luar lingkarannya terdapat lampu LED. Lampu ini cukup unik, karena selain bisa diganti warnanya se­suai mood, ia juga secara otomatis berubah mengikuti aktivitas pengemudi. Bila Anda menyetel suhu AC misalnya, maka lampu itu menjadi biru dan merah. Mengubah moda pengendaraan ke Sport misalnya, akan ditandai dengan warna berubah merah. Intinya lampu LED melingkar ini bukan hanya hiasan, tapi juga sebagai indikator yang intuitif untuk dilihat. Tombol-tombol fitur juga kini didesain lebih besar dan mudah digunakan. Cukup menarik dilihat adalah tuas start mesin di tengah berwarna merah. MINI terbaru telah menggunakan keyless smart key sehingga Anda hanya perlu mengantungi kunci untuk mengoperasikannya. Posisi duduk lebih ergonomis, tapi bahan kasar joknya bukan selera semua orang.

Saat mesin dinyalakan, akan kedengaran suara khas mesin 3 silinder. Jangan kaget, karena MINI Cooper ini memang diusung unit 3 silinder 1.499 cc. Tapi tidak usah khawatir dengan hal itu, BMW mengembangkan mesin ini dengan teknologi canggih yang dimodali Twin Scroll Turbo dan dimutakhirkan lagi dengan penerapan teknologi Twin Power seperti di produk BMW. Alhasil mesin ini sanggup menghasilkan daya 136 dk dan torsi 220 Nm sejak 1.250 rpm.

Mesin yang diusungnya ini mencatat 21 km/l untuk rute kombinasi ini sanggup melajukan MINI 0-100 km/jam dalam 7,8 detik. Saat kami mencobanya, respons tenaga juga begitu hebat tanpa jeda turbo. Nah untuk hal pengendalian, ia sedikit melunak ketimbang sebelumnya. Ini hal positif karena ia masih tetap sangat lincah namun dengan suspensi lebih lembut.