Peredam Kabin All New Toyota Avanza Seperti Kabin Mobil Mewah

Peredam All New Toyota Avanza Seperti Kabin Mobil MewahKarakter kabin lapang seperti bawaan All New Avanza, beberapa pengguna All New Avanza masih merasa kurang nyaman, lantaran efek noise lumayan dominan ketika mobil sedang berjalan terlebih lagi dijalan yang tidak rata. Mengatasi keluhan ini sudah jelas perlu treatment khusus, seperti yang lazim dilakoni para penikmat sound quality.

Treatment khusus yang dimaksud dengan melapisi seluruh permukaan interior low MPV ini menggunakan peredam suara. Tujuannya untuk mengurangi efek bising dari luar, sehingga kabin dapat sesenyap sedan. Hasilnya? “Bekerja dangan maksimal, sekarang kalau denger musik enggak perlu pasang volume besar,” jujur Leni, pemilik All New Avanza tipe E bertransmisi otomatis.

Melapisi seluruh permukaan lantai kabin termasuk bagian bawah dasbor (Gbr.1). Sebab ketika mobil sedang melaju, faktor road noise paling banyak terserap oleh lantai kabin. Kemudian pada panel pintu, yang ikut menyumbang efek bising cukup besar, baik dalam posisi mobil berhenti maupun berjalan, papar Ahong.

Khususnya untuk pintu-pintu termasuk backdoor dan dinding kabin, diharuskan menempel peredam pada permukaan dalam (Gbr.2) dan luar panel (Gbr.3). Ini bertujuan agar efek vibrasi dari pelat pintu sebelah luar ikut berkurang, karena getaran yang ditimbulkan ketika suara lagu terdengar juga memengaruhi tingkat kebisingan kabin.

Agar mendapatkan hasil yang lebih optimal, seluruh permukaan pelat atap kabin juga dilapis dengan peredam (Gbr.4). Untuk melapis bagian atap kabin ini, kata Ahong, bisa juga diberi lapisan tambahan seperti lembaran alumunium foil dan busa.

Alumunium foil ini memiliki peran dalam menghalang hawa panas ketika mobil terjemur di kemacetan. Sedangkan busa, selain untuk memadatkan rongga plafon, fungsinya juga untuk membuat rambatan gelombang suara (sound wave) dari tiap speaker semakin stabil.

Nah, untuk biaya pemasangan peredam pada All New Avanza, dibanderol Rp 3,5-4 juta full satu kabin. “Kalau mau sekalian pasang alumunium foil dan busa, tambah Rp 500 ribu,” kata Ahong.