Produsen Otomotif Rusia Bakalan Rakit Truk di Indonesia

Produsen Otomotif Rusia Bakalan Rakit Truk di IndonesiaProdusen otomotif asal Rusia, OJSC KAMAZ memanjangkan kakinya hingga ke Indonesia. Penghasil truk yang jawara di reli Dakar (Dakar Rally) ini, menggandeng perusahaan asal Indonesia yakni PT Tehnika Ina.

“Ini produsen otomotif truk terbaik di dunia yang menjuarai reli dakar. Ini sudah teruji di jalanan Siberia yang sulit,” Kata Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (25/2/2014). Selama ini, perusahaan asal Indonesia membeli truk merek KAMAZ harus melalui negara pihak ketiga.

Nantinya setelah kerjasama antara kedua pihak, PT Tehnika Ina akan menjadi dialer kendaraan truk dan suku cadang produk KAMAZ di Indonesia. Untuk perakitan unit truk KAMAZ tipe CBU, PT Tehnika menggandeng BUMN produsen dan panser yaitu PT Pindad.

“Nanti dirakit Pindad. Juga ada transfer teknologi,” ujar Direksi PT Tehnika Ina, Ahmad Fitri.

Untuk pasaran di Indonesia, PT Tehnika Ina akan menjual dan merakit 4 tipe truk yaitu dump truk tipe 6520 6X4, tractor head tipe 6460 6X4, truck cargo tipe 43118 6X6 dan tipe 4326 4X4.