Kelebihan Mobil Mini Cooper 2014

Kelebihan Mobil Mini Cooper 2014Baru-baru ini Mini telah merilis varian hatchback terbarunya, muncul dengan misi pembaharuan dan penyegaran di beberapa sektornya, secara keseluruhan Mini 2014/2015 ini tampil sangat mengesankan. Diusung dengan model yang futuristik, Mini kini dibekali dengan dapur pacu yang terbaru. Secara kasat mata model terbaru ini masih mengusung model generasi sebelumnya, tapi sekali lagi pabrikan menegaskan bahwa Mini ini berdesain lebih agresif, dengan pilar-A yang lebih tajam dan bentuk gril yang lebih lebar.

Sebagai generasi yang terlahir di tahun ini, Mini mengupgrade mesin sevara keseluruhan menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Dimodali dengan mesin tiga-silinder yang termasuk pertama kali dikeluarga Mini, adapun varian mesin 4-silinder seperti pada generasi sebelumnya.

Jika melihat secara dangkal Anda mungkin tidak akan menjumpai banyak penyegaran pada sektor eksteriornya. Namun jika kita telisik lebih mendalam, detail-detail dari Mini terbaru ini banyak mengalami perubahan. Misalnya saja pada segi dimensi, meskipun terlihat mungil sejatinya Mini terbaru ini lebih panjang 4,5 inci – lebih lebar 1,7 inci dan lebih tinggi 0,3 inci dari generasi sebelumnya. Hal ini dilakukan pabrikan untuk menunjang tingkat kenyamanan yang lebih optimal.

Kita akan menemui grill Mini yang baru, lantaran desain yang berubah sedikit lebih besar serta aksen elegan dengan adanya bingkai berkrom. Sektor headlight-nya juga mengalami perubahan yang disesuaikan dengan grafis dan inner dengan struktur yang jelas. perubahan tersebut semakin mengesankan model Mini yang lebih ‘laki’.

Tidak hanya itu, semua mendapat sentuhan krom sehingga terlihat lebih elegan, seperti handle pintu – lampu – grill radiator. Untuk atapnya sendiri merupakan desain terbaru dengan sentuhan garis atap yang sedikit miring ke bawah.

Kemudian pada bagian belakang sendiri, eksterior Mini terbaru ini mendapatkan desain stoplamp yang lebih besar berkat bingkai bundar berkrom yang menghiasinya hingga ke bagian pintu belakangnya. Setidaknya ada lima warna pilihan terbaru yang lebih fresh pada Mini ini yakni Volcanic Orange, Moonwalk Grey, Blazing Red, Deep Blue dan Electric Blue.

Dimensi.

  • Jumlah Kursi : 3-4.
  • Panjang : 151,1 inci (Cooper), 151,9 inci (Cooper S).
  • Lebar : 68 inci.
  • Tinggi : 55,7 inci.
  • Wheelbase : 98,2 inci.
  • Lebar lintasan, depan/belakang : 59,1 inci/ 59,1 inci (Mini Cooper S: 58,5 inci/58,5 inci).

Tidak hanya bagian eksterior dan interiornya Mini yang mendapatkan sentuhan penyegarann. Mulai dari instrument cluster yang diposisikan tepat di depan roda kemudi sehingga jangkauan pandang pengemudi lebih terlihat jelas. Pada bagian peedometer analog yang digantikan dengan basis grafik menampilkan berbagai macam fungsi, di antaranya; sistem navigasi dan fitur hiburan serta masih banyak lainnya. Mengusung model yang lebih sporty, untuk jok tidak ketinggalan dengan ubahannya yakni empat jok sporty single (individual) .

Seiring dengan lima varian warna eksterior yang ditawarkan Minnie kepada konsumen, untuk sektor interior juga ada lima macan pilihan warna dengan sepuluh macam desain cover joknya. Selain itu, Mini juga menawarkan dua warna dan bahan terbaru di dunia yakni ‘Off-White dan ‘Dark Cottonwood’ yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Mini Cooper terbaru yang dimodalkan mesin tiga-silinder yang berkapasitas 1,5 liter ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 hp dengan torsi mencapai 219,6 Nm. Pencapaian tenaga ini naik sekitar 14 angka daripada generasi sebelumnya. Jika mengukur kecepatan Mini terbaru ini mampu mencapai sekitar 130 mph atau setara 209 km/h. Serta dapat melaju dari 0-60 mph (95-100 km/h) hanya dengan waktu 7,4 detik (transmisi manual) dan 7,8 detik (transmisi automatic).

Sedangkan untuk Mini Cooper S dimodalkan mesin yang lebih besar yakni 2,0 liter dengan empat-silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 189 hp dengan torsi mencapai 280,6 Nm. Diperkirakan mampu melaju dari 0-60 mph (95-100 km/h) hanya dengan waktu 6,5 detik (transmisi manual) dan sekitar 6,7 detik (transmisi automatic). Sedang untuk kecepatan maksimalnya bisa menembus angka 146 mph setara 234 km/h (transmisi manual) dan 145 mph atau sekitar 233 km/h (transmisi automatic).

Baik untuk Cooper dan Cooper S, keduanya dibekali dengan transmisi manual dan automatic 6-percepatan, di mana untuk yang transmisi automatic disediakan hanya sebatas atau sesuai dengan permintaan konsumen saja. Nah, untuk model Mini Cooper (standar) ditawarkan dengan ukuran roda 15 inci dengan velg ringan berbahan alloy. Sedangkan untuk versi Cooper S dibekali dengan roda 16 inci berbahan ringan alloy juga. Keduanya sama-sama dibekali dengan suspensi depan dengan penyangga single -McPherson yang dipadukan dengan suspensi belakang multi-link.

Untuk as roda depan dilengkapi dengan bantalan putar aluminium, dengan as dan wishbone terbuat dari bahan baja berkekuatan tinggi. Perubahan sektor ini juga menyumbang pengurangan bobot kendaraan secara signifikan. Sambil menunggu waktu launching-nya yang tinggal menunggu beberapa hari ke depan, beberapa kalangan otomotif luar negeri memprediksi Cooper (standar) akan dibanderol mulai poundsterling 15,300 atau setara Rp 177,5 jutaan dan Cooper S mulai dari poundsterling 18,650 atau setara Rp 216,5 jutaan di Inggris.