Modifikasi Trail Klasik Pada Honda Tiger Memiliki Kesan Yang Unik

Modifikasi Trail Klasik Pada Honda Tiger Memiliki Kesan Yang Unik

Honda Tiger memang menjadi salah satu motor favorit bagi para modifkator, selain kapasitas mesinnya yang cukup besar, desain bodinya tergolong umum, dalam artian bisa dimodif dalam berbagai aliran. Naked Bike oke, fairing pun juga oke, aliran Chooper juga oke, bahkan dijadikan penggasruk lumpur alias dijadikan motor trail pun ternyata juga keren.

Salah satunya Honda Tiger bergaya trail klasik garapan Agus Djanuar punggawa XK Bike Design (XKBD) di Jl. Pasir Muncang, Purwokerto, Jawa Tengah. Doyan memodifikasi Honda Tiger lansiran 2008 ini bergaya trail adventure. Meskipun hasilnya terlihat rapi dan ciamik, ternyata ubahan yang dilakukan oleh Agus cukup sederhana dan simple.

Untuk mendongkrak penampilan trail dan meninggikan ground clearance, Agus mengaplikasi kaki-kaki milik Yamaha WR200 yang notabene juga bergenre motor adventure, baik untuk depan ataupun belakang. Mulai dari sokbreaker Up Side Down depan, swing arm, hingga monosok belakang. Praktis tampilan si macan pun jadi tinggi dan kekar layaknya motor trail adventure.

Pada bagian body, Honda Tiger model trail ini terlihat cukup simpel. Dengan digantikannya tangki asli dengan tangki trail yang memang sudah model klasik, sehingga kesannya unik dan berbeda. Sementara untuk jok dibuat custom dengan tambahan spatbor belakang minimalis sehingga kesan adventurenya lebih kuat.

Agus mengatakan, kalau penggunaan body yang simple ini dikarenakan motor adventure lebih riskan jatuh sehinngga bodinya tidak dibuat neko-neko, aksesoris bodi tambahan hanya terdapat pelindung knalpot berbahan fiber agar sang rider tidak tersengat panasnya leher knalpot.