Panser Tangguh Buatan Anak Negeri

Panser Anoa

Kalau mendengar namanya anda pasti akan membayangkan binatang mamalia khas pulau sulawesi. Namun ketika anda melihat sosoknya yang tangguh anda tidak akan percaya jika panser ini asli buatan Indonesia. Panser Anoa, sebuah alutsista darat yang patut menjadi kebanggaan Indonesia telah hadir untuk menambah kekuatan pertahanan Indonesia.

Panser buatan PT Pindad ini mampu melaju 90 km/jam sedikit diatas dari kecepatan standar mobil tempur lainnya yaitu 80 km/jam. Panser ini dilengkapi dengan baja ringan yang mampu menahan serangan tembakan AK 47 atau pun M16. Panser anoa yang memiliki 6 roda penggerak ini juga mampu melahap tanjakan dengan kemiringan 45 derajat dan melewati parit dengan mudahnya.

Kendaraan tempur ini menggunakan automatic transmission dilengkapi dengan suspensi dari renauld sehingga awak dan penumpang tetap nyaman berada didalamnya. Untuk sistem persenjataan, ranpur (kendaraan tempur) ini sudah dilengkapi dengan senapan mesin 7,62 mm dan 12,7 mm untuk varian  infanteri dan Automotic Granade Launcher (AGL) 40 mm untuk varian kavaleri.

Indonesia patut berbangga karena panser buatannya ini selain dipergunakan untuk memperkuat sistem pertahanan sendiri juga telah digunakan oleh PBB untuk misi perdamaian di negara lain.