Bedah Fitur dan Teknologi New Honda MegaPro FI

Kehadiran New Honda MegaPro FI menggantikan New MegaPro (NMP) karburator diyakini pihak PT Astra Honda Motor (AHM) akan mendongkrak market share Honda. Pasalnya, NMP FI kini dipersenjatai berteknologi PGM-FI yang diklaim bertenaga, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Belum lagi beragam fitur menarik yang cukup memanjakan pengendaranya. Seperti sistem peredam getaran di setang, berupa karet yang dipasang pada sambungan antara riser dengan klem segitiga. “Pemakaian dumper ini membuat setang kalau ditekan akan terasa agak fleksibel. Fungsinya mencegah getaran mesin menjalar ke setang sangat keras, Sehingga pengendara selalu nyaman.

Lalu pada panel saklar di kanan setang, dilengkapi passing lamp buat nge-beam. Trus, sistem pengereman sudah disc brake depan-belakang, suspensi belakang monosok yang bisa disetel kekerasannya.

Selain itu, ada beberapa bagian yang diperbarui pada NMP FI bila dibanding versi seblumnya (karburator). Antara lain desain shroud yang dibuat lebih kecil, namun berkesan gagah dan agresif. Harmonis dengan rancangan side cover baru bernuansa karbon kombinasi silver.

Trus, kalau kalian perhatikan, footstep belakang tak lagi terpisah kayak di NMP karbu. Melainkan dibuat menyatu pada rangka belakang. Jadi, tampak lebih sporti. Rangkanya sendiri ambil basis dari Honda Verza. Juga ada penambahan rear inner fender (hugger) untuk meminimalkan cipratan kotoran ke monosok.

Nah basisnya masih sama dengan NMP karbu. Hanya beda di cylinder headnya saja. Yang sekarang, ada dudukan sensor injeksinya kayak di Verza. Diluar komponen PGM-FI, komponen lainnya sama persis.

Sementara sistem PGM-FI sendiri kata Edhi bisa dibilang sama dengan Verza. Sensor-sensornya terdiri dari engine oil temperature (EOT), throttle position (TP) sensor, pulse generator (CKP) sensor, O2 sensor, bank angel sensor. Tekanan fuel pumpnya juga podo (sama, red), yakni 294kPa.

Tapi, meski sama dengan Verza, menurut Eijiro Asakawa, Chief Engineer Honda R&D Southeast Asia Co.,Ltd, mesin NMP FI dirancang sudah penuhi standar emisi Euro 3. Malah dari hasil test pakai metode metode ECE-R40, tingkat emisi gas buang masih lebih ramah ketimbang standar regulasi Euro 3. “Sekalipun nenggak Premium,” yakinnya. Tingkat kebisingannya juga jauh lebih rendah.

Hal itu bisa dicapai selain pada settingan PGM-FI nya, juga berkat rancang knalpot baru. Ruang silencer dibuat 3 sekat yang dilengkapi catalytic coverter ditambah peredam serabut logam yang berfungsi meredam panas dan membentuk suara.